Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 10 of 26

Thread: Peraturan baru lalu lintas yg beredar skrg!!!

  1. #1
    Gamer Senior J-Kay's Avatar
    Join Date
    Apr 2003
    Location
    Baka Baka Baka...!! Henshinnn..!!!!!!!
    Age
    31
    Posts
    18,463
    Rep Power
    1389

    Peraturan baru lalu lintas yg beredar skrg!!!

    Tak Mau Disemprit? Kenali UU Lalu Lintas Baru!
    Laporan wartawan KOMPAS.com Inggried Dwi Wedhaswary
    Senin, 11 Januari 2010 | 08:02 WIB
    Kompas/Agus Susanto
    Polisi pengatur lalu lintas.
    TERKAIT:

    * Duh, Pelanggaran Lalin Masih Tinggi

    JAKARTA, KOMPAS.com — Mulai Januari 2010 ini, UU Lalu Lintas Nomor 22 Tahun 2009 akan efektif berlaku, menggantikan UU Nomor 14 Tahun 1992. Banyak peraturan baru yang harus dicermati jika tak mau disemprit ketika berkendara. Sebab, hingga saat ini tak sedikit yang tak mengetahui aturan-aturan baru yang diberlakukan UU ini. Sanksi pidana dan denda bagi para pelanggarnya pun tak main-main. Jika dibandingkan UU yang lama, UU Lalu Lintas yang baru menerapkan sanksi yang lebih berat. Berikut ini beberapa hal yang sebaiknya diketahui oleh para pengguna kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat/lebih:

    • Kenakan Helm Standar Nasional Indonesia (SNI)
    Jangan lagi kenakan helm batok. Gunakanlah helm SNI. Selain karena alasan keselamatan, menggunakan helm jenis ini sudah menjadi kewajiban seperti diatur dalam Pasal 57 Ayat (2) dan Pasal 106 Ayat (8). Sanksi bagi pelanggar aturan ini, pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000 (Pasal 291). Sanksi yang sama juga akan dikenakan bagi penumpang yang dibonceng dan tidak mengenakan helm SNI.

    • Pastikan Perlengkapan Berkendara Komplet
    Bagi para pengendara roda empat atau lebih, coba pastikan kelengkapan berkendara Anda. UU Lalu Lintas No 22 Tahun 2009, dalam Pasal 57 Ayat (3) mensyaratkan, perlengkapan sekurang-kurangnya adalah sabuk keselamatan, ban cadangan, segitiga pengaman, dongkrak, pembuka roda, helm, dan rompi pemantul cahaya bagi pengemudi kendaraan bermotor roda empat/lebih yang tak memiliki rumah-rumah dan perlengkapan P3K. Bagaimana jika tak dipenuhi? Sanksi yang diatur bagi pengendara yang menyalahi ketentuan ini akan dikenakan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000, seperti diatur dalam Pasal 278

    • Tak Punya SIM? Denda Rp 1 Juta
    Ketentuan yang satu ini mungkin harus menjadi perhatian lebih. Jika selama ini denda bagi pengendara yang tak punya SIM hanya sekitar Rp 20.000, UU Lalu Lintas yang baru tak mau memberikan toleransi bagi pengendara yang tak mengantongi lisensi berkendara. Sanksi pidana ataupun denda yang diterapkan tak lagi ringan. Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan dan tidak memiliki SIM, akan dipidana dengan pidana kurungan empat bulan atau denda paling banyak Rp 1 juta (Pasal 281).

    • Konsentrasi dalam Berkendara
    Pasal 283 UU Lalu Lintas mengatur, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi, dipidana dengan pidana kurungan paling lama tiga bulan kurungan atau denda paling banyak Rp 750.000

    • Perhatikan Pejalan Kaki dan Pesepeda
    Para pengendara, baik roda dua maupun roda empat/lebih, harus mengutamakan keselamatan pejalan kaki dan pesepeda. Bagi mereka yang tidak mengindahkan aturan Pasal 106 Ayat (2) ini, dipidana dengan pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500.000

    • Lengkapi kaca spion dan lain-lain
    - Pengemudi sepeda motor
    Diwajibkan memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban (diatur Pasal 106 Ayat (3)). Sanksi bagi pelanggarnya diatur Pasal 285 Ayat (1), dipidana dengan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000.

    - Pengemudi roda empat/lebih
    Bagi pengendara roda empat/lebih diwajibkan memenuhi persyaratan teknis yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu mundur, lampu tanda batas dimensi badan kendaraan, lampu gandengan, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, kedalaman alur ban, kaca depan, spakbor, bumper, penggandengan, penempelan, dan penghapus kaca. Pasal 285 Ayat (2) mengatur, bagi pelanggarnya akan dikenai sanksi pidana paling lama dua bulan kurungan atau dendan paling banyak Rp 500.000.

    • STNK, Jangan Lupa
    Setiap bepergian, jangan lupa pastikan surat tanda nomor kendaraan bermotor sudah Anda bawa. Kalau kendaraan baru, jangan lupa membawa surat tanda coba kendaraan bermotor yang ditetapkan Polri. Jika Anda alpa membawanya, sanksi kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500.000 akan dikenakan bagi pelanggarnya (Pasal 288 Ayat (1)).

    • SIM Harus yang Sah Ya…
    Pasal 288 Ayat (2) mengatur, bagi setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang tidak dapat menunjukkan SIM yang sah dipidana dengan pidana kurungan paling lama satu bulan dan/atau denda paling banyak Rp 250.000.

    • Pengemudi atau Penumpang Tanpa Sabuk Pengaman, Sanksinya Sama
    Ini harus jadi perhatian bagi pengemudi mobil dan penumpangnya. Jangan lupa mengenakan sabuk pengaman selama perjalanan Anda. Selain untuk keselamatan, juga untuk menghindari sanksi pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000 seperti diatur dalam Pasal 289.

    • Nyalakan Lampu Utama pada Malam Hari
    Saat berkendara pada malam hari, pastikan lampu utama kendaraan Anda menyala dengan sempurna. Bagi pengendara yang mengemudikan kendaraannya tanpa menyalakan lampu utama pada malam hari, dipindana dengan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000 (Pasal 293).

    • Wajib Nyalakan Lampu pada Siang Hari
    Para pengendara motor yang berkendara pada siang hari diwajibkan menyalakan lampu utama. Sekarang, sudah bukan sosialisasi lagi. Bagi pelanggarnya akan dipidana dengan pidana kurungan paling lama 15 hari atau denda paling banyak Rp 100.000.

    • Berbelok, Berbalik Arah, Jangan Lupa Lampu Isyarat!
    Setiap pengendara yang akan membelok atau berbalik arah, diwajibkan memberikan isyarat dengan lampu penunjuk arah atau isyarat tangan. Jika melanggar ketentuan ini, Pasal 284 mengatur sanksi kurungan paling banyak satu bulan atau denda Rp 250.000

    • Jangan Sembarangan Pindah Jalur
    Para pengemudi yang akan berpindah jalur atau bergerak ke samping, wajib mengamati situasi lalu lintas di depan, samping dan dibelakang kendaraan serta memberikan isyarat. Jika tertangkap melakukan pelanggaran, akan dikenai sanksi paling lama satu bulan kurungan atau denda Rp 250.000 (Pasal 295)

    • Stop! Belok kiri tak boleh langsung
    Ini salah satu peraturan baru dalam UU Lalu Lintas yang baru. Pasal 112 ayat (3) mengatur, pengemudi kendaraan dilarang langsung berbelok kiri. Bunyi pasal tersebut “Pada persimpangan jalan yang dilengkapi dengan alat pemberi isyarat lalu lintas, pengemudi kendaraan dilarang langsung berbelok kiri, kecuali ditentukan lain oleh rambu lalu lintas atau pemberi isyarat lalu lintas”.

    • Balapan di Jalanan, Denda Rp 3 Juta!
    Pengendara bermotor yang balapan di jalan akan dikenai pidana kurungan paling lama satu tahun atau denda paling banyak Rp 3.000.000 (Pasal 297)

    • Sesuaikan Jalur dengan Kecepatan
    Ketentuan mengenai jalur atau lajur merupakan salah satu ketentuan baru yang dimasukkan dalam UU Lalu Lintas Nomor 22 Tahun 2009, yang diatur dalam Pasal 108. Agar menjadi perhatian, selengkapnya bunyi pasal tersebut adalah
    (1) Dalam berlalu lintas pengguna jalan harus menggunakan jalur jalan sebelah kiri
    (2) Penggunaan jalur jalan sebelah kanan hanya dapat dilakukan jika
    a. pengemudi bermaksud akan melewati kendaraan di depannya; atau
    b. diperintahkan oleh petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk digunakan sementara sebagai jalur kiri
    (3) Sepeda motor, kendaraan bermotor yang kecepatannya lebih rendah, mobil barang, dan kendaraan tidak bermotor berada pada lajur kiri jalan.
    (4) Penggunaan lajur sebelah kanan hanya diperuntukkan bahi kendaraan dengan kecepatan lebih tinggi, akan membelok kanan, mengubah arah atau mendahului kendaraan lain.

    Aturan-aturan baru yang diterapkan di UU Lalu Lintas yang baru ini harus menjadi perhatian bagi para pengendara. Selain demi keselamatan, tentunya juga untuk menghindari merogoh kocek cukup dalam karena di tilang. Sanksi denda yang dikenakan lumayan besar jika dibandingkan dengan UU yang lama. Selamat berkendara!
    mohon di perhatikan para biker dgn peraturan lalu lintas yg baru saja di resmikan dan skrg di bundaran HI motor sudah tidak bisa berputar disitu kemaren pas muter di cegat polisi and di kasih tau ada peraturan baru weleh2 ternyata bener hahaha and sudaha da rambu lalu lintas yg baru

    mohon di baca yach para biker
    and sorry kelupaan ini berlaku juga buat mobil yah
    "There's Michael Jordan and then there is the rest of us...."
    Quote Magic Jhonson

    masih cemen nie

  2. #2
    2D Fighter Panasonic 3DO FZ-1 boma's Avatar
    Join Date
    Mar 2004
    Location
    Jakarta
    Age
    31
    Posts
    3,491
    Rep Power
    417

    Re: Peraturan baru lalu lintas yg beredar skrg!!!

    astaga, makin mengerikan aja. naek angkot aja ah.

  3. #3
    Gamer Senior J-Kay's Avatar
    Join Date
    Apr 2003
    Location
    Baka Baka Baka...!! Henshinnn..!!!!!!!
    Age
    31
    Posts
    18,463
    Rep Power
    1389

    Re: Peraturan baru lalu lintas yg beredar skrg!!!

    hauhauahuha naek buswei hehe
    "There's Michael Jordan and then there is the rest of us...."
    Quote Magic Jhonson

    masih cemen nie

  4. #4
    Gamer Senior frii's Avatar
    Join Date
    Jan 2004
    Location
    Platinum Angry!!!
    Age
    25
    Posts
    46,914
    Rep Power
    344

    Re: Peraturan baru lalu lintas yg beredar skrg!!!

    gue sering kelupaan STNK gara2 motor suka oper sana oper sini, untung kaga ada polisi

  5. #5
    --{{{BIKER n HD}}-- Xbox 360 andyzr's Avatar
    Join Date
    Sep 2004
    Location
    Jakarta Barat
    Posts
    10,419
    Rep Power
    2700

    Re: Peraturan baru lalu lintas yg beredar skrg!!!

    Exxtra hati2 ya sekarang ber kendaraan Motor Brosss...

    Cekk dahulu sebelum berpergian...

    We Are Gamers...We Are Bikers
    Get This Cool Sticker & Stick It On U'r Bike

    =====FREE=====

    C'Mon Click --> FORUM BIKER VGI, FOTO VGI BIKERS

    ----------------------------

    Click Below

  6. #6
    Turbo Grafx 16 mr5oonz's Avatar
    Join Date
    Aug 2006
    Location
    everywherenowhere
    Posts
    1,448
    Rep Power
    62

    Re: Peraturan baru lalu lintas yg beredar skrg!!!

    Quote Originally Posted by J-Kay View Post
    • Konsentrasi dalam Berkendara
    Pasal 283 UU Lalu Lintas mengatur, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi, dipidana dengan pidana kurungan paling lama tiga bulan kurungan atau denda paling banyak Rp 750.000
    ni paling banyak pelanggaran nya
    -sms d jalan
    -ngrokok
    -ngobrol djalan (biasanya motor)

    soal bunyi knalpot kok lom d perjelas nih
    pemerintah nya gmn se

  7. #7
    Nintendo Famicom martin_hawk's Avatar
    Join Date
    Dec 2009
    Location
    Pasar Minggu - Indonesia
    Age
    32
    Posts
    558
    Rep Power
    175

    Re: Peraturan baru lalu lintas yg beredar skrg!!!

    • Kenakan Helm Standar Nasional Indonesia (SNI)
    ini sy setuju, tp mohon disosialisasi apa yg dimaksud helm SNI, gmn spek teknisnya. banyak helm yg mungkin standarnya lebih tinggi dr SNI tp gak dilengkapi dengan stiker SNI krn distributornya ogah bayar duit sogok buat dapetin sertifikasi...


    • Pastikan Perlengkapan Berkendara Komplet
    setuju bgt, tp klo bs yg adil penerapannya. semua kendaraan, mulai dari kendaraan pejabat sampe kendaraan umum jg diperiksa. bs gak polisi ngerjainnya... mungkin bisanya klo petruk jd presiden

    • Tak Punya SIM? Denda Rp 1 Juta
    blh didenda 1 jt asal proses pembuatan SIM diperbaiki. jangan dipersulit buat org yg mau nyogok dan jgn dipermudah buat yg murah hatinya...

    • Konsentrasi dalam Berkendara
    ini pasal rancu yg bs menimbulkan polemik baru... klo ngelirik ce cakep di jalan masuk kategori merusak konsentrasi gak yah... lom lg klo ada billboard iklan segede gaban... trus yg dihukum siapa donk bapak polisi yth...

    • Perhatikan Pejalan Kaki dan Pesepeda
    sangat setuju, tp iring2an mobil pejabat yg tidak memperhatikan pengguna jalan lainnya bisa ditindak gak pak polisi yth

    • Lengkapi kaca spion dan lain-lain
    seet... razia sambil meriksa alur ban... mang polisi punya dan bs make alatnya... maaf aja... kebanyakan polisi SDM-nya payah

    • STNK, Jangan Lupa
    lupa bawa STNK lebih rendah dr denda lupa bawa SIM....

    • SIM Harus yang Sah Ya…
    mending SIM aspal... dendanya bs lebih murah

    • Pengemudi atau Penumpang Tanpa Sabuk Pengaman, Sanksinya Sama
    sangat setuju klo yg ini mah...

    • Nyalakan Lampu Utama pada Malam Hari
    setuju, tp yg make lampu belakang meyilaukan mana nih pasalnya

    • Wajib Nyalakan Lampu pada Siang Hari
    boros dan gak ngaruh. di sini yg tingkat kecelakaannya lebih rendah aja gak ada aturan seperti itu.

    • Berbelok, Berbalik Arah, Jangan Lupa Lampu Isyarat!
    setuju tp bs diimplementasikan gak....

    • Jangan Sembarangan Pindah Jalur
    iring2an pejabat gak pernah tuh....

    • Stop! Belok kiri tak boleh langsung
    berarti klo perintah petugas gak boleh ya....

    • Balapan di Jalanan, Denda Rp 3 Juta!
    setuju bgt...

    • Sesuaikan Jalur dengan Kecepatan
    bisa gak nih.... seperti sebelumnya... banyak iring2an pejabat maen serobot setelah dikawal bapak polisi yth...

    CMIIW... kesel bgt baca aturannya... nafsu besar kemauan dan kemampuan gak ada...

  8. #8
    Sega Master System
    Join Date
    Aug 2003
    Location
    back in motherland!
    Posts
    1,102
    Rep Power
    230

    Re: Peraturan baru lalu lintas yg beredar skrg!!!

    • Kenakan Helm Standar Nasional Indonesia (SNI)
    tunggu aja, nanti tukang stiker bakal jualin stiker SNI abal2

    haha iya, regulasi knalpot ga disinggung, secara dia harus memperlengkapi petugasnya sama db meter klo peraturan ini mau jalan

    pesimis gw peraturan2 baru ini bakal jalan....

  9. #9
    Playstation SCPH 1000 caliFRAGi's Avatar
    Join Date
    Feb 2006
    Location
    sciencefun4all.blogspot.com
    Posts
    4,133
    Rep Power
    248

    Re: Peraturan baru lalu lintas yg beredar skrg!!!

    perasaan denda nelpon sambil berkendara cuma 50.ooo, sekarang udah naik ya?
    di mana2 harga naik

    tapi ga apa2 sih. stuju gw dengan yang 1 ini

  10. #10
    Jadi Admin Lagi :lol3: Mr. Kelly's Avatar
    Join Date
    Mar 2002
    Location
    VGI HQ
    Posts
    9,896
    Rep Power
    10

    Re: Peraturan baru lalu lintas yg beredar skrg!!!

    Peraturannya bagus. Semoga bisa jadi titik balik kemajuan berkendara di Indonesia, butuh kesadaran dan dukungan seluruh rakyat utk peraturan ini jalan.
    gath akbar coming soon
    new engine coming soon
    community engine coming soon
    new design coming soon


Page 1 of 3 123 LastLast

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Pasal2 Lalu Lintas - UU no.14 thn 1992
    By Mr. Kelly in forum Biker Forum (Kendaraan Roda 2)
    Replies: 3
    Last Post: 06-06-2007, 10:14 PM
  2. Replies: 6
    Last Post: 22-06-2005, 12:36 AM

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •