Home Reviews Starhawk

PlayStation     Jul 27, 2012 02:00 PM

Starhawk

Siapa pernah memainkan Warhawk? Game tersebut merupakan game multiplayer third-person shooter yang menggunakan berbagai kendaraan untuk bertempur, mirip dengan seri dari EA, Battlefield. Kali ini Santa Monica Studio dan Lightbox Interactive telah meneruskan seri tersebut dengan game eksklusif PlayStation 3, Starhawk, sebuah spiritual successor dari game Warhawk.


Sang protagonist, Emmett Graves

Starhawk menceritakan di masa depan dimana dua faction saling berperang memperebutkan sumber daya di dunia. Emmett Graves, seorang tentara bayaran terjebak di tengah-tengah peperangan maut ini dan dia harus berusaha menyelamatkan galaksi dari kehancuran.


Tersedia berbagai kendaraan untuk dikemudikan

Kedengaran seperti cerita epic ala Mass Effect? Salah besar. Tujuan utama dari story mode ini hanyalah untuk memperkenalkan gameplay Starhawk, sekaligus berfungsi sebagai tutorial. Story mode dari Starhawk ini sebenarnya sederhana dan sangat linear.

Peta yang diberikan untuk berperang dalam story mode juga sama dengan peta yang ada pada mode multiplayer, sehingga menjadikan story mode ini kurang menggigit. Apalagi cutscene hanya menggunakan gambar-gambar kartun yang menceritakan apa yang terjadi. Sewaktu kita bermain, semua dialog terjadi lewat radio, tidak ada rasa bahwa ini adalah 'story mode' sama sekali, hanya merupakan multiplayer dengan teman-teman AI saja.


Environment yang cukup enak dilihat

Secara grafis, Starhawk memiliki environment yang cukup baik, namun animasi karakter terasa kurang. Lagu jarang terdengar ketika kita berperang, dan voice acting untuk story mode juga tidak memiliki sesuatu yang spesial.

Namun di balik story mode yang sepertinya dibuat 'asal ada' tersebut, Starhawk memiliki komponen multiplayer yang sangat seru untuk dimainkan. Tapi sebelum itu, kita harus memperhatikan bahwa Starhawk bukanlah sekadar third-person shooter biasa.


Pilih untuk membangun apa di medan perang?

Gameplay dari Starhawk sebenarnya cukup standar, kita mengendalikan prajurit dari salah satu faction, baik Rifters ataupun Outcast dan berusaha untuk menghabisi lawan dengan sistem third-person shooter. Unik untuk Starhawk adalah kemampuan karakter kita untuk mendirikan berbagai bangunan yang dijatuhkan di medan perang dari luar angkasa.

Bangunan yang bisa kita dirikan ada berbagai macam, seperti turret untuk membantu bertahan, tembok untuk menghalangi musuh menerobos markas kita, supply base untuk kita mengambil senjata dan resupply amunisi, watch tower untuk mengambil sniper rifle, bahkan kita juga bisa mendirikan bangunan yang bisa mengeluarkan kendaraan berat. Untuk bisa membangun, kita harus mengumpulkan Rift Energy Level yang didapatkan dari Rift Extractor pada markas kita, membunuh lawan, menghancurkan markas musuh atau menghancurkan Rift Energy Barrel yang tersebar pada peta.

Ya, bagaikan bermain game real-time strategy ala Command & Conquer, kita bisa membangun pabrik yang mengeluarkan kendaraan seperti Sidewinder (semacam jetbike), Ox Heavy Tank, bahkan Hawk, sebuah robot yang bisa berubah bentuk menjadi pesawat. Hawk juga bisa menembakkan delapan misil sekaligus seperti pesawat Valkyrie dari anime Macross.


Teamwork sangat penting kalau tidak mau dibantai lawan

Kerjasama dengan tim sangat penting di sini, karena kalau tidak, maka akan terjadi tumpukan bangunan yang sebenarnya sudah dibangun oleh anggota tim yang lain. Untungnya kita bisa menggunakan bangunan milik mereka ataupun menghancurkannya bila perlu.

Semakin kita memainkan online multiplayer, maka level kita akan semakin tinggi. Kita juga akan mendapatkan skill point untuk digunakan membeli skill (perks). Namun untuk bisa membeli skill, kita harus menyelesaikan requirement terlebih dahulu, misalnya untuk skill dimana kita bisa respawn membawa shotgun, kita harus membunuh lawan sepuluh kali dengan shotgun dalam satu ronde. Level juga menentukan tingkat kustomisasi karakter yang kita pakai untuk multiplayer.

Tersedia empat mode multiplayer untuk dimainkan dengan total pemain 32 orang (16 vs 16). Yang pertama adalah Capture The Flag, dimana kita harus merebut bendera musuh dan membawanya kembali ke markas kita sambil berusaha mencegah musuh merebut bendera kita.


Kita juga bisa perang di luar angkasa

Yang kedua adalah Zones, sebuah perang strategi dimana kita harus merebut zona musuh sambil mengumpulkan point. Jika kita berhasil merebut semua zona lawan, maka mereka tidak akan memiliki tempat untuk respawn sehingga jika mereka gagal merebut kembali zona mereka dalam waktu 30 detik, tim kita akan menang.

Ketiga adalah Team Deathmatch, sebuah mode perang besar-besaran dari dua buah pihak, serta yang terakhir adalah mode Deathmatch dimana semua orang berebut untuk menjadi nomor satu. Mode Deathmatch ini sangat jarang ditemui, karena orang-orang lebih cenderung memainkan game berbasis tim. Selain keempat mode itu, ada juga mode Prospector (horde) yang bisa dimainkan secara co-op.


Splitscreen menggunakan dua account PSN

Starhawk juga mendukung game multiplayer secara local split-screen, dimana pemain kedua bisa login dengan PSN account miliknya dan ikut bertarung dalam pertempuran multiplayer online. Pemain kedua di sini juga bisa ikut bermain kapan saja, tinggal pilih option split-screen ketika sedang berperang.


Kita juga bisa terbang setelah membeli Jet Pack

Starhawk berhasil menggabungkan beberapa genre menjadi satu game: third-person shooter, real-time strategy dan vehicle combat. Ditambah dengan pertempuran yang strategis dan cara membunuh lawan yang edan seperti menjatuhkan bangunan di atas mereka atau menimpa mereka dengan pod ketika kita respawn, tidak salah kalau Starhawk bisa dibilang merupakan salah satu game multiplayer paling fun saat ini.

Editor's Tilt - 8.0

Melihat dari genre campuran seperti ini, apalagi termasuk di antaranya real-time strategy dan bisa membangun, seharusnya tersedia mode skirmish melawan AI untuk kita latihan terlebih dahulu sebelum terjun perang ke mode online yang sepertinya tidak memberikan ampun bagi pemain yang baru belajar.


Dan yang paling fun adalah membunuh musuh dengan drop pod!

Starhawk benar-benar merupakan sebuah game yang harus dimainkan secara online multiplayer, kalau tidak online maka tidak ada gunanya kita membeli game tersebut. Rasanya benar-benar fun, seperti fun yang dulu didapatkan ketika bermain Battlefield. (ZBT)

VGI Ratings for Starhawk

9.0

Gameplay Gabungan antara real-time strategy, third-person shooter dan vehicle based combat yang seru.

7.5

Graphic Memang environment cukup bagus, namun animasi karakter sangat kurang serta kadang-kadang terjadi glitch pada waktu respawn.

6.0

Sound Kalau boleh dibilang, agak membosankan. Voice acting yang cukup standar serta lagu yang jarang terdengar.

9.0

Longevity Single player sebaiknya dilupakan, tapi multiplayernya benar-benar fun.

8.0 Great

Overall

TAGS   Starhawk , Review

Comments (1)    Post Comment + using:

  • Facebook
  • Twitter
  • VGI
divineDragoon by divineDragoon Jul 27, 2012 07:37 PM

mantap nih review!
dulu mau nyoba ragu. soalnya takut ketutup sama ghost recon ataw spec ops :D

Reply

 

More on VGI Network

Games

Reviews

Movies

Online

Signature

Technology

Loading
Close
0.152779102325